HOOQ.ID “Grup Sennheiser memperkuat posisinya yang kuat sebagai penyedia solusi audio profesional pada tahun fiskal 2022. Penjualan solusi audio profesional naik 26% menjadi €467,7 juta, jauh di atas ekspektasi dan memenuhi target perusahaan. Fokus pada pelanggan profesional dan investasi berkelanjutan di masa depan adalah yang mendorong keluarga Sennheiser dari perusahaan yang dikelola secara independen.
Setahun setelah berfokus secara eksklusif pada sektor bisnis profesional, Grup Sennheiser melihat perkembangan positif. Penjualan solusi audio profesional terus tumbuh dalam beberapa tahun terakhir, dengan pertumbuhan pesat pada tahun 2022. Pengecualian adalah pandemi COVID-19 pada tahun 2020. Keberhasilan ini mengukuhkan posisi Sennheiser sebagai penyedia solusi audio profesional terkemuka.
“Kami berhasil mempertahankan momentum positif sejak 2021. Fokus kami pada solusi audio profesional telah berkontribusi pada pertumbuhan kami ke tingkat yang luar biasa dengan peningkatan profitabilitas yang berkelanjutan selama satu tahun ketika kami menghadapi tantangan ekonomi makro seperti banyak perusahaan lain, ”kata juru bicara perusahaan. Co-CEO Grup Sennheiser, Dr. Andreas Senheiser. Penggerak utama pertumbuhan perusahaan pada tahun fiskal 2022 adalah meningkatnya permintaan solusi untuk pertemuan profesional sehubungan dengan format baru kerja dan belajar melalui penerapan sistem hibridaserta pertumbuhan industri pertunjukan.
“Tahun 2022 menunjukkan bahwa strategi yang kami kembangkan sebagai sebuah perusahaan adalah yang terbaik,” kata co-CEO Grup Sennheiser Daniel Sennheiser. “Ini juga menunjukkan bahwa apa yang dicapai oleh orang-orang kami dicapai melalui kompetensi, motivasi dan gairahbahkan di masa-masa sulit. Untuk ini kami sangat berterima kasih.” Fokus perusahaan pada sektor bisnis profesional telah menghasilkan pertumbuhan yang sangat besar, sehingga diharapkan perusahaan dapat kembali ke ukuran semula lebih cepat dari perkiraan sebelumnya menyusul penjualan ke sektor bisnis konsumen.
Secara keseluruhan, Grup Sennheiser mencatat penjualan €507,4 juta pada tahun fiskal 2022. Sektor bisnis konsumen, yang sebelumnya menyumbang setengah dari total penjualan hingga 2021, akan tetap disertakan selama dua bulan di 2022. Total EBIT adalah €114,0 juta, termasuk efek khusus dari penjualan di sektor bisnis konsumen.
Pertumbuhan penjualan di semua wilayah
Pertumbuhan penjualan Grup Sennheiser tercermin di seluruh wilayah. Wilayah Amerika menghasilkan total €177,8 juta, pasar paling dinamis di dunia; peningkatan penjualan terbesar adalah 41,1%. Di Asia Pasifik (APAC), penjualan mencapai €93,0 juta, naik 24,1%. Kawasan APAC penting karena pasar bisnis konsumen yang kuat. Sennheiser mendukung infrastruktur di semua wilayah, memberikan dampak positif pada segmen profesional. Wilayah Eropa, Timur Tengah dan Afrika (EMEA) adalah pasar terbesar, 196,9 juta euro, pertumbuhan 15,5%, sektor komunikasi bisnis tumbuh positif di sini.
Investasi berkelanjutan untuk masa depan
“Sejalan dengan strategi kami, kami telah mengumumkan niat kami untuk berinvestasi secara berkelanjutan di bisnis inti Grup Sennheiser. Oleh karena itu, kami menambah kekuatan dan sumber daya manusia – terutama dalam penelitian dan pengembangan serta di lokasi produksi kami,” kata Andreas Sennheiser, co-CEO Sennheiser.
Pada tahun 2022, perusahaan akan menginvestasikan total 41,8 juta euro untuk penelitian dan pengembangan, yaitu sekitar 8% dari total penjualan. Penelitian dan pengembangan telah dijadikan fungsi sentral dalam Grup Sennheiser, dengan fokus pada pengembangan portofolio perangkat lunak. Solusi digital yang menggabungkan perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan menawarkan nilai tambah bagi pelanggan. Penelitian berfokus pada kecerdasan buatan, komputasi awan, dan teknologi nirkabel masa depan.
Secara paralel, perusahaan mengubah infrastruktur TI yang terkait dengan model bisnis digital. Sennheiser menginvestasikan lebih dari 4,5 juta euro pada tahun 2022 dan merencanakan investasi lebih lanjut sebesar dua digit juta di masa mendatang. Tujuan utamanya adalah membawa pelanggan lebih dekat untuk menyelaraskan lanskap ERP, mengembangkan arsitektur data dalam grup, dan menerapkan organisasi layanan yang gesit.
Investasi dalam rantai pasokan dan produksi sendiri
Grup Sennheiser mengatasi ketidakpastian yang timbul dari peristiwa geopolitik dengan berinvestasi dalam rantai pasokannya. “Kami terus mengembangkan rantai pasokan kami dan terus memperluas kapasitas produksi kami sendiri. Hal ini memungkinkan kami untuk menjadi mitra yang dapat diandalkan bagi pelanggan kami bahkan ketika situasi pasokan sedang terbatas. Kami dapat memenuhi hampir semua persyaratan tahun keuangan terakhir,” kata co-CEO Daniel Sennheiser.
Perusahaan saat ini memusatkan investasi untuk memperkuat lokasi produksinya sendiri, termasuk kantor pusat di Vedemark dan perluasan pabrik di Brasov, Rumania. Sebanyak 17,8 juta euro akan diinvestasikan dalam proyek-proyek ini hingga 2022. “Kami sangat yakin bahwa produksi kami sendiri memiliki nilai tambah strategis yang signifikan. Tantangan dalam rantai pasokan global selama setahun terakhir menyoroti pendekatan ini,” tambah co-CEO dr. Andreas Senheiser. “Ini juga cara terbaik bagi kami untuk memastikan kualitas produk Sennheiser dan Neumann yang selalu membedakan kami.”
Salah satu unit bisnis yang berkembang adalah Sennheiser Mobility. “Karena semakin pentingnya elektromobilitas, kami juga memposisikan diri sebagai perusahaan di bidang otomotif. Tujuan kami: memainkan peran penting dalam membentuk masa depan pengalaman suara di ruang ini,” kata Dr. Andreas Senheiser. “Secara khusus, kami melihat potensi sinergi antara teknologi audio imersif AMBEO dan Komunikasi Bisnis, karena kendaraan ini juga akan semakin menjadi pusat pertemuan virtual di masa depan.”
Co-CEO Daniel Sennheiser jelas tentang masa depan: “Untuk membentuk masa depan industri audio, kami membutuhkan tim terbaik dalam bisnis ini. Itu sebabnya kami terus berinvestasi dalam tim kami.” Andreas Sennheiser menambahkan: “Bagaimanapun, semua produk dan layanan yang kami tawarkan kepada pelanggan didasarkan pada pengetahuan, pengalaman, dan antusiasme karyawan kami.”