WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh Gambar

WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh Gambar – WhatsApp adalah aplikasi pesan dan panggilan yang saat ini paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Namun sering kali aplikasi WhatsApp mengalami beberapa eror seperti salah satunya WhatsApp tidak bisa mengunduh gambar, lantas bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan lengkapnya disini.

Cara Perbaiki WhatsApp yang Tidak Bisa Download Gambar

Aplikasi WhatsApp yang tidak dapat melakukan pengunduhan pada foto ataupun video dapat membuat sebagian pengguna merasa kesulitan. Pasalnya gambar atau video dapat berisi informasi yang penting dan dibutuhkan oleh pengguna WA. Berikut ini beberapa cara untuk memperbaiki WhatsApp yang tidak dapat mengunduh gambar:

  1. Periksa Koneksi Internet

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa jaringan internet pada ponsel smartphone Anda. Gambar atau video tidak dapat diunduh kemungkinan karena tidak adanya jaringan internet yang terhubung atau Anda kehabisan kuota data.

  1. Periksa Kapasitas Memori Smartphone

Jika tidak terdapat masalah pada koneksi internet smartphone Anda, maka Anda dapat mengecek memori penyimpanan smartphone Anda. Jika memori penyimpanan terlalu penuh maka proses download gambar tidak dapat dilakukan. Berikut ini cara mudah mengecek kapasitas memori pada ponsel Anda:

  • Masuklah ke menu Settings/Pengaturan
  • Lalu pilih opsi Storage/Kapasitas
  • Jika memori penuh, maka lakukan pembersihan memori dengan menghapus file-file yang tidak dibutuhkan atau cache (file sampah).
  • Namun jika Anda tidak ingin menghapus file, Anda dapat memindahkan file di smartphone ke PC atau laptop Anda.
  1. Cek Status Izin WhatsApp Untuk Akses Memori

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengunduh gambar yang selanjutnya adalah dengan memeriksa perizinan untuk akses ke memori penyimpanan. Biasanya Anda dapat mengubah pengaturan untuk perizinan WhatsApp dalam mengakses memori sehingga proses pengunduhan file atau gambar tidak dapat dilakukan.

Bagi pengguna ponsel Android, berikut ini langkah mudah untuk mengecek akses perizinan WhatsApp ke memori ponsel secara mudah:

  • Masuklah ke menu Settings/Pengaturan
  • Pilih menu Apps & Notification
  • Lalu pilih opsi WhatsApp
  • Kemudian pada pilihan opsi menu Permissions, Anda dapat klik Storage, dan pilih opsi Allow.
  1. Upgrade WhatsApp Versi Terbaru

Selain karena masalah internal pada perangkat ponsel Anda, faktor penyebab aplikasi WhatsApp tidak dapat melakukan download foto atau video adalah karena Anda belum mengupgrade aplikasi ke versi terbaru. Cobalah melakukan upgrade pada aplikasi WhatsApp untuk memperbaiki eror tersebut dengan cara mudah berikut:

  • Bagi pengguna Android silahkan buka Playstore, kemudian cari Aplikasi WhatsApp
  • Klik Upgrade, dan tunggu beberapa saat
  • selesai

Baca juga :

Demikianlah beberapa cara mudah untuk memperbaiki aplikasi WhatsApp tidak bisa mengunduh gambar secara mudah dan cepat. Anda dapat melakukan perbaiki sendiri tanpa perlu mengunjungi penyedia jasa service perangkat ponsel.

Leave a Comment