Hai! Apa kabar pembaca setia blog Sevenpion? Apakah Anda sering merasa sulit dalam persaingan dengan perusahaan lainnya pada bisnis yang sama? Nah… jangan khawatir lagi! Kali ini, kita akan membahas mengenai market research. Market research adalah sebuah metode yang dapat membantu Anda dalam mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar.
Yuks! Simak pembahasan selengkapnya mengenai market research dalam artikel ini. Let’s Go….
Apa itu Market Research?
Anda pasti sudah pernah mendengar tentang market research sebelumnya? Mungkin sebagian dari Anda belum tahu apa itu market research atau mungkin Anda penasaran dengan teknik-teknik yang digunakan dalam market research.
Nah, tentu hal tersebut juga akan kita bahas! Namun terlebih dahulu kita membahas mengenai definisi dari market research. Yuk kita simak bersama-sama!
Definisi Market Research
Dikutip dari qubisa.com market research merupakan perencanaan dan pengumpulan data, hingga melakukan analisis pada data tersebut terkait dengan kelayakan produk ataupun layanan yang sudah diluncurkan.
Menurut penulis, market research ialah teknik pengumpulan dan analisis data mengenai pasar dan konsumen. Hal ini memiliki tujuan untuk memahami kebutuhan dan keinginan dari konsumen, perilaku pembelian dan tren pasar.
Dengan melakukan research pasar ini, Anda dapat memperoleh informasi yang diperlukan untuk mengembangkan strategi bisnis yang efektif atau menciptakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan meningkatkan kepuasan konsumen perusahaan Anda.
Dengan kata lain, market research ini ialah suatu cara bagi perusahaan untuk memahami dan mengerti pasar ataupun konsumen dengan lebih baik. Sehingga bisa mengambil keputusan bisnis yang lebih tepat dan cerdas.
Fungsi Market Research
Tadi kita sudah membahas mengenai definisi market research, tapi sudah tahukah Anda mengenai fungsi dan manfaat dari market research bagi suatu perusahaan? Fungsi dari market research adalah membantu perusahaan untuk bisa lebih memahami kondisi pasar atau konsumen mereka.
Ada empat fungsi dari market research, diantaranya:
- Evaluating : Fungsi ini berperan sebagai evaluasi terhadap program-program pemasaran yang sebelumnya sudah dilakukan termasuk melakukan brand positioning terhadap produk kompetitornya. Hal ini bisa membantu perusahaan mengetahui permasalahan yang ada di dalamnya.
- Understanding : Fungsi ini berperan untuk memahami konsumen, dengan memahami konsumen perusahaan akan lebih mengetahui kebutuhan dan keluhan dari konsumen mereka. Dalam hal ini, riset pasar biasanya akan menggambarkan kebiasaan atau perilaku dari konsumen.
- Predicting : Fungsi ini menjadi acuan bagi perusahaan yang ingin menawarkan brand ataupun produk baru kepada target pasar yang baru.
- Controlling : Fungsi ini memiliki peran untuk melihat proses bisnis, biasanya seperti melihat data aktivitas pemasaran yang sedang berjalan seperti data produk dimata konsumen, tren, demografi hingga efektivitas dari marketing tools yang digunakan oleh perusahaan.
Dengan memahami hal tersebut, tentu perusahaan dapat mengambil tindakan yang tepat bahkan ketika ingin meluncurkan sebuah produk, mengiklankan produk, dan bagaimana cara memasarkan produk ke konsumen.
Manfaat Market Research
Selanjutnya, mengenai manfaat dari menggunakan market research, antara lain:
- Memahami Pelanggan : Dengan melakukan market research tersebut, perusahaan dapat memahami kebutuhan dan preferensi konsumen, termasuk warna, harga dan lain-lainnya. Dengan memahami hal tersebut, perusahaan dapat membuat produk atau layanan yang lebih sesuai dan meningkatkan kepuasan konsumen.
- Meningkatkan Penjualan : Dengan memahami pasar dan persaingan di pasar, perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif. Termasuk dalam mengidentifikasi target pasara perusahaan Anda. Lalu tentunya mengembangkan produk perusahaan dan menentukan harga yang tepat. Dengan strategi yang tepat dan efektif tentu dapat meningkatkan penjualan dari perusahaan Anda.
- Meningkatkan Efisiensi : Market research juga dapat membantu perusahaan Anda dalam mengidentifikasi tren dan perubahan dalam pasar. Dengan memahami tren tersebut, perusahaan dapat mengambil tindakan yang lebih baik dalam hal manajemen stok, pengelolaan rantai pasok. Hal ini bisa meningkatkan efisiensi perusahaan dan mengurangi biaya.
Jadi, dapat kita tarik kesimpulan bahwa market research adalah penting untuk membantu perusahaan dalam memahami pasar. Dengan memahami pasar, pastinya perusahaan dapat mengambil tindakan dan keputusan yang lebih baik.
Proses Market Research
Dalam melakukan market research, tentu ada beberapa langkah dan juga teknik-teknik yang ada di dalam market yang harus Anda ketahui. Berikut akan saya mulai dari langkah-langkah dalam market research, silahkan disimak!
Langkah-Langkah dalam Market Research
Dalam market research ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan agar mendapatkan hasil yang optimal. Berikut beberapa langkah dalam market research, antara lain:
- Merancang Penelitian: Setelah menentukan tujuan dari market research yang akan dilakukan, selanjutnya pemilihan metode, menentukan siapa target pasar yang akan diteliti. Misalnya Anda ingin mengetahui preferensi konsumen terhadap produk baru Anda. Anda dapat menggunakan metode survei atau memilih sampel konsumen yang sesuai.
- Menentukan Tujuan: Langkah pertama ini sangat penting, hal ini berkaitan dengan produk atau layanan yang akan diperkenalkan pada pasar. Misal apakah konsumen Anda butuh produk baru yang sudah perusahaan kembangkan.
- Mengumpulkan Data: Setelah merancang penelitian, berikutnya adalah mengumpulkan data. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara survei, wawancara, observasi dan Forum Group Discussion. Pilih metode yang sesuai dengan tujuan dari penelitian Anda dan pastikan bahwa data yang dikumpulkan akurat dan representatif.
- Analisis Data: Langkah selanjutnya menganalisis data, dalam bisnis analisis data ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen, tren pasar dan peluang bisnis. Analisis data dapat dilakukan dengan menggunakan tools seperti perangkat lunak statistik atau secara manual dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.
- Membuat Laporan: Setelah selesai menganalisis data tersebut, langkah terakhir yaitu membuat laporan. Laporan ini harus berisi hasil penelitian secara komprehensif, rekomendasi yang didasarkan pada temuan serta analisis SWOT dari produk atau layanan yang Anda teliti. Laporan ini akan menjadi panduan penting dalam pengambilan keputusan perusahaan yang strategis.
Dalam bisnis, tentunya market research adalah peran penting guna memahami pasar dan pelanggan perusahaan Anda. Dengan melakukan market research yang baik, perusahaan Anda dapat mengambil keputusan yang tepat dan terus mengembangkan produknya dengan lebih efektif dan meningkatkan keuntungan perusahaan Anda.
Teknik-Teknik dalam Market Research
Berikut ada beberapa teknik yang bisa digunakan dalam market research, antara lain:
- Survei: Teknik ini biasanya menggunakan kuesioner atau wawancara untuk mengumpulkan informasi dari responden yang sudah terpilih. Survei ini bisa dilakukan juga secara online, telepon ataupun secara langsung.
- Forum Grup Discussion: Teknik biasanya ada diskusi kelompok kecil mengenai topik tertentu, dan dipimpin oleh moderator. Biasanya dihadiri peserta dengan jumlah 6-10 orang sesuai dengam target pasar perusahaan Anda.
- Observasi: Teknik dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap perilaku konsumen di lingkungannya. Observasi ini biasanya juga dilakukan secara terstruktur atupun tidak terstruktur.
- Analisis SWOT: Teknik sering digunakan oleh perusahaan untuk melakukan analisis pada bisnis mereka seperti kekuatan, kelemahan dan juga ancaman. Analisis SWOT ini bisa membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang strategis.
- Analisis Data Skunder: Teknik melibatkan dengan data yang sudah ada, data yang diperoleh dari berbagai sumber seperti pemerintah, publikasi bisnis ataupun organisasi industri.
- Percobaan: Teknik ini melibatkan pengujian pada produk atau layanan baru pada sekelompok responden. Percobaan ini dapat dilakukan secara terkontrol ataupun tidak terkontrol.
Dalam bisnis, teknik-teknik ini dapat digunakan secara bersamaan ataupun terpisah bergantung pada jenis penelitian yang dilakukan. Anda harus memilih teknik yang tepat agar dapat mengumpulkan data yang akurat dan bermanfaat dalam mengambil keputusan.
Contoh Perusahaan Sukses Menerapkan Market Research
Tidak afdol rasanya bila saya tidak memberikan contoh perusahaan yang sudah berhasil, agar terus memotivasi Anda bersaing atau kompetitif di dunia bisnis. Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan yang sukses dalam menerapkan market research dan bertahan sampai sekarang. Berikut beberapa contoh perusahaan yang sudah berhasil dan sukses dalam menggunakan market research!
1. Go-Jek
Perusahaan transportasi online ini menggunakan market research adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan mereka dan terus mengembangkan layanan yang mereka miliki. Mereka juga melakukan survei terhadap pengemudinya agar bisa meningkatkan pengalaman kerja mereka.
2. Tokopedia
Platform e-commerce ini mengumpulkan data dari pelanggan mereka, agar bisa memahami perilaku belanja online dari konsumen mereka. Hal ini bisa membantu Tokopedia dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan terus meningkatkan pengalaman berbelanja yang baik pada e-commerce mereka.
3. Unilever
Perusahaan Fast Moving Consumer Good (FMCG) atau perusahaan yang bergerak pada bidang produk yang sering dibeli oleh konsumen karena harganya yang terjangkau.
Menggunakan market research untuk memahami tren konsumen dan menciptakan produk baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan dari konsumen mereka. Mereka juga melakukan analisis SWOT untuk memahami kekuatan dan kelemahan dari perusahaan mereka.
4. BCA
Bank ini menggunakan market research adalah untuk memahami perilaku dan preferensi dari nasabah mereka. Hal ini akan membantu perusahaan tersebut untuk mengembangkan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dari para nasabahnya dan terus meningkatkan kepuasan dari penggunanya.
Kesimpulan
Market research merupakan proses pengumpulan data mengenai pasar dan pelanggan yang bertujuan untuk memahami kebutuhan dan preferensi mereka. Dengan melakukan market research ini tentunya perusahaan akan lebih bisa mengembangkan produk atau layanannya.
Dalam dunia bisnis, memiliki kompetitif merupakan hal penting agar bisa memenangkan persaingan. Dengan memahami pasar dan pelanggan secara mendalam, perusahaan dapat mengembangkan produk atau layanannya menjadi lebih baik dari para pesaingnya.
Hal ini juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan Anda dan tentunya meningkatkan keuntungan bagi perusahaan Anda. Oleh karena itu, market research ini merupakan suatu hal penting bagi bisnis untuk mencapai keunggulan yang kompetitif.
Namun apabila perusahaan atau bisnis Anda masih mengalami kendala dalam melakukan market research dan branding kepada pelanggan, Anda tidak perlu khawatir Sevenpion hadir dengan berbagai layanan yang bisa Anda dapatkan untuk memecahkan masalah pada bisnis Anda. Segera hubungi kami dengan menekan banner dibawah 😉