Apa itu segmentasi pasar? dalam dunia bisnis, segmentasi pasar merupakan aspek yang sangat penting untuk dipahami dan diterapkan. Konsep ini membantu perusahaan untuk memahami dan memenuhi kebutuhan serta keinginan konsumen dengan lebih baik, sehingga dapat meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan bisnis.
Jadi, segmentasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil berdasarkan karakteristik dan perilaku konsumen yang serupa. Dengan memahami karakteristik audiens ini, perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan menarik bagi setiap kelompok, sehingga dapat memperoleh lebih banyak pelanggan dan meningkatkan loyalitas konsumen.
Namun, segmentasi pasar bukanlah hal yang sederhana dan memerlukan analisis yang cermat dan mendalam. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang apa itu segmentasi pasar dan mengapa penting untuk bisnis Anda.
Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online, Profit Atau Pailit?
Segmentasi Pasar Adalah
Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar yang lebih besar menjadi kelompok kecil yang lebih rinci berdasarkan ciri khas tertentu seperti demografi, psikografis, kebutuhan, perilaku, dan lain sebagainya.
Tujuannya untuk memahami kebutuhan, keinginan, prioritas dan perilaku konsumen secara lebih spesifik sehingga dapat mengembangkan produk atau layanan yang lebih efektif dan efisien serta mengoptimalkan pemasaran.
Gampangnya segmentasi pasar merupakan sebuah rancangan untuk menyusun strategi penjualan, produk, pemasaran serta membantu perusahaan untuk menjawab kebutuhan pelanggan hingga mengurangi resiko.
Nah, melihat dari seberapa besar pengaruh segmentasi pasar terhadap beberapa bidang bisnis menunjukan bahwa perekonomian dunia pun ikut terpengaruh. Berikut beberapa pengaruh positif bagi pemasaran internasional, mungkin dengan dampak ini anda memiliki patokan mengenai bisnis kedepannya.
- Meningkatkan daya saing, perusahaan dapat menganalisis kebutuhan konsumen lebih spesifik. Dengan hal tersebut perusahaan dapat mengembangkan produk atau layanan yang lebih tepat maupun efesien sehingga dapat meningkatkan daya saing.
- Efesiensi pemasaran, membantu mengoptimalkan strategi penjualan sehingga dapat mengurangi biaya pemasaran dan meningkatkan efisiensi bisnis secara keseluruhan.
- Meningkatkan pertumbuhan bisnis, karena segmentasi pemasaran memperhatikan segala bidang dalam bisnis sehingga membuat seluruh aspek mendapat perhatian lebih. Hal tersebut membuat bisnis semakin berkembang sebab perlu analisa mendalam terhadap semua tenaga pembangun suatu bisnis yang sukses.
Namun, pengaruh segmentasi pasar juga dapat memiliki beberapa dampak negatif pada perekonomian dunia, terutama jika dilakukan dengan tujuan untuk memeras konsumen dan menghasilkan keuntungan maksimal tanpa memperhatikan kepentingan sosial dan lingkungan.
Baca Juga: Sebutkan 5 Manfaat Kewirausahaan Untuk Tingkatkan Ekonomi
Jenis-jenis Segmentasi Pasar
Sebagai seorang pebisnis anda wajib tahu apa saja jenis-jenis segmentasi pasar yang dikategorikan kedalam kelompok-kelompok lagi. Mungkin anda juga bertanya-tanya mengapa perlu di bentuk sebuah grup dalam membuat struktur pemasaran.
Dibawah ini akan kamu jelaskan apa saja jenis segmentasi pasar yang perlu anda pertimbangkan untuk pertumbuhan bisnis kedepannya,
Baca Juga: Profil Perusahaan Dalam Proposal Berisi Cara Branding Usaha
1. Segmentasi Geografis
Dalam konteks ini, perusahaan dapat menyesuaikan produk, harga, promosi, dan distribusi mereka untuk memenuhi kebutuhan dan minat calon pembeli di wilayah tertentu.
Contohnya, jika perusahaan memasarkan produk di daerah yang cenderung lebih dingin, mereka dapat menjual barang dengan menawarkan produk yang lebih hangat atau pakaian musim dingin.
Geografis pada apa itu segmentasi pasar adalah salah satu faktor yang digunakan untuk membagi pasar berdasarkan lokasi konsumen. Ciri geografis mencakup seperti wilayah geografis, ukuran populasi, jenis lingkungan, iklim, dan sebagainya.
2. Menurut Perilaku Konsumen
Jenis-jenis segmentasi pasar berikutnya ialah perilaku konsumen. Bagaimana bisa perilaku konsumen memengaruhi pemasaran?, jadi pemilik produk akan menganalisis tingkah laku pembeli seperti keyakinan, penilaian konsumen, gaya hidup hingga kepribadian.
Dengan memperhatikan karakteristik perilaku konsumen, perusahaan dapat membuat strategi pemasaran yang lebih efektif untuk konsumen yang berbeda. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalkan penjualan dan meningkatkan kepuasan konsumen.
3. Segmentasi Demografis
Demografis adalah ilmu yang mempelajari tentang usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, kesehatan dan aspek lain yang memengaruhi populasi penduduk. Anda sudah tau kan bagaimana nantinya karakteristik jenis ini akan memberi dampak bagi apa itu segmentasi pasar.
Misalnya, anda adalah penjual pakaian yang menargetkan remaja sebagai pembeli. Berbagai hal jadi perhatian khusus, mulai dari warna, ukuran, penataan, dan model yang trendly saat ini. Cara pemasaran yang unik dan sesuai akan menarik perhatian mereka.
4. Karateristik Psikografis
Psikografis atau istilah lainnya pada artikel ini bisa dikatakan sebagai psikis. Coba anda lakukan browsing pada mesin pencari mengenai hal-hal apa saja yang berkaitan dengan psikis seseorang, dan jawabannya. Bom!, banyak sekali yang bisa ditemukan dalam internet.
Sama halnya dengan aktivitas psikis, orang akan tertarik ketika melihat sesuatu yang memang diinginkan atau sesuai preferensinya. Anda perna bukan di posisi tersebut?
Contoh kecilnya seperti ini, ketika anda merasa Handphone yang dimiliki sudah ketinggalan zaman secara langsung otak akan memberi sinyal untuk membeli hp baru. Kebetulan ketika anda sedang berjalan tiba-tiba ada sales HP menawarkan brosur dengan berbagai macam tipe android terbaru.
Bagaimana respon anda? jawabannya adalah anda menerima brosur itu dengan harap bisa menambah referensi seperti apa HP yang akan dibeli meskipun tidak langsung hari itu membelinya.
Begitu kira-kira faktor karateristik psikografis di apa itu segmentasi pasar.
5. Segmentasi Firmografis
Firmografis berarti karakteristik yang terkait dengan bisnis atau perusahaan, seperti industri, ukuran, pendapatan, lokasi, dan jumlah karyawan.
Contoh penerapannya adalah ketika perusahaan ingin memasarkan produk atau layanan tertentu ke pasar bisnis kecil atau menengah, mereka dapat menggunakan segmentasi firmografis untuk memilih kelompok yang paling sesuai.
Baca Juga; Contoh Daftar Hadir Terbaru Untuk Memudahkan Administrasi HR
Syarat Segmentasi Pasar
Adapun hal-hal lain yang perlu diperhatikan agar bisnis mencapai target dan menemukan cara pemasaran yang jitu melalui segmentasi pasar. Dibawah ini akan dijelaskan syarat-syarat yang wajib diterapkan bagi pebisnis ataupun pemilik produk:
1. Memiliki Kapasitas Yang Cukup
Artinya, segmen pasar harus cukup besar serta tidak terlalu kecil sehingga perusahaan dapat investasi dalam produk dan layanan untuk segmen pasar tertentu.
Jika pasar segmen terlalu kecil, maka perusahaan mungkin tidak dapat memastikan biaya pengembangan dan pemasaran produk ataupun layanan untuk segmen tersebut. Sebaliknya, jika pasar segmen terlalu besar, maka perusahaan mungkin tidak dapat menargetkan pelanggan dengan cara yang efektif dan efisien.
2. Terukur
Setiap hal harus dapat diukur baik itu produk, kecenderungan, preferensi, dan perilaku pembelian, yang bisa digunakan untuk mengukur keefektifan pasar. Perlunya takaran dalam hal tersebut kedepannya justru akan mempermudah perusahaan, kok bisa?
Begini, pahami dari tingkah laku konsumen yang senang memborong ketika diadakan flash sale, begitu banyak pembelian dan pengunjung.
Nah, menarik dari kejadian tersebut perusahaan seharusnya lebih aware untuk menyiapkan produk lebih banyak saat musim promo, karena perilaku konsumen menunjukan ketertarikan pesat dibandingkan dengan hari-hari biasa yag tidak ada diskon.
Tujuannya agar pembeli puas dan produsen memiliki citra yang baik terhadap barang maupun layanan yang diperjual belikan.
3. Akses Yang Mudah
Akses yang mudah disini dimaksudkan kepada para pembeli agar bisa menikmati semua keunggulan serta fitur-fitur yang disediakan oleh pembuat produk.
Jangan biarkan calon pembeli kesusahan saat melakukan pembelian apalagi jika transaksinya online, seperti pembelian pulsa. Sebagai penjual kita juga perlu memperhatikan aksesbilitas user bagaimana jika kita diposisikan menjadi seorang pelanggan, apakah akses gampang? adakah kendala yang sekiranya sangat menganggu sehingga tidak jadi beli.
Berikan pula informasi produk secara gamblang kepada audiens. Biarkan calon pembeli menilai produk seperti ini cocok dengan yang diinginkan atau tidak.
4. Memiliki Keunikan
Keunikan merupakan salah satu hal yang perlu di pertimbangkan pada apa itu segmentasi pasar, sebab syarat segmentasi pasar akan sah ketika anda mengembangkan produk atau layanan yang berbeda, semisal sama produk tersebut harus anda jamin keunikannya.
Lihat saja website seperti KFC, pada halaman websitenya menawarkan berbagai macam menu, dan yang paling menjadi andalan adalah ayam. Slogan KFC yang berbunyi “KFC Jagonya Ayam” cukup membuktikan bahwa mereka menjual jenis ayam goreng potong.
Tetapi, apa mungkin para pesaingnya tidak menjual produk yang sama? seperti yang anda tahu, para pebisnis lain justru ikut mneyaingi dengan rupa produk yang sama tetapi memiliki ciri khas yang berbeda, walaupun jenisnya tetap berbahan baku ayam.
5. Terjangkau
Pilihlah segmen pasar yang dapat di jangkau oleh sasarn produk atau layanan anda. Analisa konsumen, pesaing dan lingkungan seperti apa yang akan anda pilih untuk berbisnis, perlu diperhatikan pula harga utama pokok atau modal dasar awal per item.
Tujuan Segmentasi Pasar
Tujuan dari segmentasi pasar adalah untuk memahami pelanggan secara lebih baik dan membagi pasar menjadi kelompok yang lebih kecil. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan menyesuaikan produk atau layanan mereka dengan preferensi dan kebutuhan pelanggan dalam apa itu segmentasi pasar.
Ada beberapa tujuan khusus yang ingin dicapai dengan melakukan segmentasi pasar, di antaranya:
- Menemukan peluang pasar yang lebih spesifik, dengan membagi pasar menjadi bagian yang lebih kecil, perusahaan dapat mengidentifikasi peluang yang lebih spesifik dan memfokuskan upaya pemasaran mereka pada jenis pasar yang paling menjanjikan.
- Mengembangkan produk atau layanan yang lebih sesuai, memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat mengembangkan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan setiap kelompok masyarakat.
- Menyesuaikan pesan pemasaran, dengan menyesuaikan target pembeli, pebisnis mampu menawarkan produk yang akan membuat pelanggan tersugesti sehingga pesan yang dimaksud akan sampai kepada calon pembeli.
- Mengoptimalkan pengeluaran, tujuannya untuk dapat meningkatkan efisiensi pengeluaran pemasaran sehingga bisa mengurangi jumlah kerugian mendatang.
- Memonitor persaingan, tujuan terakhir pada apa itu segmentasi pasar adalah memonitor persaingan, maksudnya apa sih?. Begini, pebisnis tentu memiliki banyak pesaing, nah sebagai pedagang haruslah kita awas terhadap kompetitor yang terlihat maupun tidak, yang tidak terlihat contonya di media sosial.
Jadi, Bagaimana Segementasi Pasar Itu?
Anda sudah paham bukan mengenai apa itu segmentasi pasar? kami jelaskan secara menyeluruh disini, segmentasi pasar adalah pembagian kelompok menjadi lebih kecil berdasarkan karateristik dan minat pelanggan, agar tujuan produk bisa sampai kepada pembeli.
Dengan begitu ada beberapa faktor yang memengaruhi jenis-jenis segmentasi seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, geografi, perilaku pembelian, preferensi produk, dan kebutuhan pelanggan.
Segmentasi pasar dapat dilakukan pada berbagai tingkat, mulai dari pasar global hingga pasar lokal. Perusahaan dapat memilih untuk fokus pada segmen tertentu atau mengembangkan strategi pemasaran yang berbeda untuk setiap segmen pasar yang ada sehingga tujuan produk tercapai secara menyeluruh.
Era digital tentu memengaruhi promosi pada segmentasi pasar, yang tadinya sering menyebarkan brosur kini beralih memasang iklan di website. Namun, pernahkah anda membuat website sendiri agar pemasangan iklan lebih optimal? Sevenpion dapat menjawab semua pertanyaan anda, segera hubungi kami disini!