Survei global yang dilakukan produsen PC AS, HP, di 13 negara dengan lebih dari 1.000 responden di setiap negara mengungkap fakta menarik tentang kebiasaan masyarakat selama pandemi. Selama pandemi, game banyak digunakan sebagai aktivitas untuk menjaga kesehatan mental, berinteraksi dengan orang lain, dan meningkatkan kemampuan. Bahkan untuk masyarakat Indonesia sendiri, sebanyak 95% mengaku menghabiskan waktu untuk bermain game di masa pandemi. Persentase ini bahkan lebih tinggi dari data global yang hanya 69%.
Survei juga menunjukkan bahwa 4 dari 5 orang kini lebih positif tentang game karena lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain game. Responden mengatakan bahwa permainan tersebut membantu mereka mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, dan mengurangi kecemasan. Game juga memungkinkan gamer untuk berinteraksi dan tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan bahkan orang lain, meskipun secara fisik terpisah selama pandemi. Bahkan responden Indonesia juga senang dengan interaksi dan keakraban yang terbangun dari aktivitas bermain.
Menariknya, orang-orang tersebut kini ingin lebih terlibat dalam dunia game, selalu mencari cara untuk bersaing dengan para gamer di seluruh dunia dan terhubung dengan komunitas. Menurut survei, sekitar 42% responden mengatakan ingin menjadi bagian dari komunitas game. Sedangkan 54% lainnya menginginkan cara yang lebih mudah untuk tetap berinteraksi dengan pemain lain.
“HP percaya bahwa budaya gaming sejati adalah tentang perubahan dan pertumbuhan yang konstan. Kami melihat peluang untuk meningkatkan gameplay dengan berkolaborasi dengan komunitas dan menggunakan wawasan yang kami dapatkan dari hasil survei. Hal ini semakin mendorong kami untuk memberdayakan para gamer agar lebih inklusif namun tetap terhubung dan tumbuh dengan ekosistem dan acara game lokal kami yang kuat,” kata Edo Jonathon Chandra, Manajer Pengembangan Pasar HP Indonesia.
HP juga menggandeng para gamer profesional, komentator game, dan kreator konten seperti Kevin “XCcurate” Susanto, Donna Viska, Dyland Pros, Benny Moza, Nabbsky, dan EVOS Funi untuk mengajak para gamer ini berbagi dan mengevaluasi pengalaman mereka yang kalah saat bermain game . sebagai bagian dari perjalanan pengembangan mereka. Dengan tema Thank Your Losses, para influencer membagikan pengalaman mereka sendiri yang mendorong mereka untuk belajar dan menjadi lebih baik di bidangnya.
“Saya melihat kekalahan sebagai kesempatan untuk berkembang. Dengan menganalisis setiap kekalahan, saya belajar untuk lebih gesit dan bisa bermain lebih baik lagi. Juga, menang atau kembali setelah kalah adalah kesenangan yang nyata.” Kevin “XCcurate” kata Susanto.
Nah, hampir 50% gamer di Indonesia ingin lebih mudah mengakses resource yang mendukung aktivitas gaming mereka. HP sendiri memiliki beberapa lini produk yang siap memenuhi kebutuhan para gamers di Indonesia untuk meningkatkan pengalaman bermain game mereka. Beberapa di antaranya mirip
- Omen Gaming Desktop oleh HP 45L