Jika kamu adalah peminat bisnis, seorang pengusaha, atau pemula pada bidang pemasaran artikel ini cocok untuk kamu baca. Mari kita ulik tentang kebenaran dari marketer adalah sebagai sasaran empuk pada era marketing baru-baru ini. Kata marketer sudah tidak asing lagi tentunya, karena bersifat hampir sama seperti sales.
Dari zaman dahulu kala setiap orang yang sedang berbisnis membutuhkan media perantara agar pesan dari produk-produknya sampai kepada pelanggan. Orang yang menyampaikan pun tidak asal apalagi jika seseorang yang tidak dapat dipercaya. Bukan begitu?
Kamu paham betul ketika sedang menjual sesuatu tidak hanya diperlukan modal tetapi juga butuh alat guna mengirim pesan secara lisan maupun non-lisan agar masyarakat tahu bahwa kamu sedang berjualan. Nah, disini tugas marketer adalah menyusun hingga mempromosikan sebuah layanan jasa atau produk yang dapat berhubungan langsung dengan audiens atau istilah lainnya bisa disebut sales.
Apa Itu Marketer Pada Marketing?
Sudah pernah melihat sales HandPhone merk Oppo atau Vivo? Bagaimana cara mereka menawarkan Hp kepada orang-orang? kebetulan sekali jika kamu sudah pernah melihat. Sederhananya marketer sejenis itu melakukan promosi secara langsung kepada masyarakat sehingga pesan yang diberikan tidak sumbang dan mampu menarik perhatian ramai.
Menurut smartmarketerz.com pemasar adalah seseorang yang bertugas untuk menyusun taktik pemasaran maupun promosi produk atau jasa yang dimiliki oleh produsen. Jadi, apabila seorang marketer melihat peluang emas pada sistem demografi perusahaan, mereka diberikan hak menyusun ulang strategi. Tujuannya agar perusahaan mendapatkan keuntungan berlipat ganda.
Fungsi marketer pada maketing yaitu, menyusun rencana, menganalisa, mengatur anggaran, melihat peluang, mendemosntrasikan teknik pemasaran (kampanye) dan banyak lainnya. Salah satu yang perlu di perhatikan seorang pemasar adalah kehati-hatian. Karena, jika salah kaprah mengambil langkah dan gegabah dalam bertindak justru akan mendatangkan petaka bagi perusahaan.
Baca Juga: Contoh Marketing Plan Trik Ampuh Tarik Pelanggan!
Hal-Hal Perlu Diperhatikan Menjadi Marketer
Ketika berbisnis tentunya semua orang tidak ingin gagal, apalagi menjadi rugi dalam waktu sekejap hanya karena salah teknik saat mengiklankan produknya, bukannya untung malah buntung. Eits, tidak usah berkecil hati. Tentu segala usaha sudah di kerahkan agar bisnis berkembang pesat, untuk itu kami memberikan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menjadi seorang marketer di era serba digital seperti sekarang.
1. Pahami Target Audiens Kamu
Banyak sekali contoh marketing yang dapat kamu ambil di kehidupan sehari-hari. Apalagi sekarang sudah zamannya serba online digital marketer pun tidak mau kalah. Memposisikan diri sebagai seorang pebisnis awal hal yang perlu diperhatikan seorang marketer adalah audiensnya dahulu.
Kamu harus tahu siapa saja yang membeli produk atau jasa yang ditawarkan, apa yang mereka cari, dan bagaimana cara terbaik untuk menjangkau mereka. Cara mudahnya jika ingin menganalisa target gunakan survey online atau kamu bisa ambil sample dari jumlah like, komen, hingga konten apa yang sering muncul di beranda pencarian. Maksimalkan media sosial sebagai wadah pemasaran.
2. Kenali Produk atau Jasa Dahulu
Peran marketer di dalam bisnis merupakan sebuah tolak ukur seberapa jauh keberhasilan produk di distribusikan. Sebelum melangkah jauh kenali dahulu produk ataupun jasa yang akan ditawarkan. Jangan asal ikut trend kemudian tergiur buka usaha karena bisa raup cuan banyak.
Kamu juga perlu memahami produk atau jasa yang ditawarkan dengan baik. Kamu harus tahu fitur dan manfaat yang ditawarkan, keunggulan dari produk atau jasa dibandingkan dengan pesaing, dan cara-cara untuk membuatnya jadi lebih menonjol di pasaran.
Baca Juga: Apa Kelebihan Dan Kekurangan Produk Berupa Jasa Untuk Bisnis?
3. Atur Strategi
Hasil yang memuaskan datang dari susunan strategi yang matang. Tips menjadi marketer profesional dimulai dari masalah sederhana seperti perencanaan strategi pemasaran. Membuat analisa membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus memahami pasar, target, pesaing, serta modal. Pahami alurnya baru kemudian eksekusi dengan pertimbangan perusahaan.
Strategi pemasaran yang baik harus mencakup metode untuk menjangkau target audience, seperti media sosial, iklan online, email marketing, atau kampanye iklan.
4. Mengukur Keberhasilan Pemasaran
Setelah rencana hingga pelaksanaan selesai jangan buru-buru mengambil kesimpulan gagal atau berhasil. Pada dasarnya kita tidak tahu faktor lain penunjang keberhasilan suatu iklan tidak hanya ditinjau dari pemasarannya saja. Fungsi seorang marketer adalah melihat dari keseluruhan aspek keberhasilan pemasaran berjalan sesuai yang diharapkan atau tidak.
Jika sudah melalui tahapan mengukur keberhasilan pemasaran. Kamu perlu mengetahui seberapa efektif kampanye pemasaran dan apakah target yang telah ditetapkan tercapai. Dengan cara seperti ini, perusahaan dapat mengevaluasi dan memperbaiki strategi pemasaran di masa depan.
Baca Juga: Kata Kata Promosi Minuman Paling Populer, Kamu Harus Tau!
5. Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan
Hal-hal yang perlu diperhatikan berikutnya yaitu, menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Karena kunci dari terjualnya sebuah produk adalah pelanggan, tanpa pelanggan kita tidak bisa memasarkan produk.
Tugas pemasar adalah mempertahankan pelanggan lama tetapi juga bisa menarik pembeli baru, Disini aspek skalabilitas digunakan. Dimana kualitas lebih penting dari pada kuantitas, pastikan pula para pelanggan puas agar kita sebagai pebisnis mampu meningkatkan peforma penjualan.
6. Kelola Waktu Dengan Baik
Terakhir, sebagai seorang marketer, kamu perlu mengelola waktu dengan baik. Ada banyak tugas dan proyek yang harus dikerjakan, sehingga penting untuk memiliki jadwal yang terstruktur dan memprioritaskan tugas yang paling penting. Dengan cara ini, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien.
Baca Juga: Pengertian dan Konsep Digital Marketing
Tugas Marketer Adalah
Meninjau dari berbagai fungsi banyak sekali hal yang harus dikerjakan oleh seorang marketer, tidak hanya memasarkan tetapi juga menyusun rencana sampai membuat planning kedepannya. Berikut tugas-tugas marketer yang perlu kamu tau.
- Dapat menganalisis pasar dengan baik untuk mengetahui karakteristik dan kebutuhan konsumen. Hal ini meliputi pengumpulan data dan informasi mengenai target market, persaingan, tren pasar, dan perilaku konsumen.
- Mampu merancang strategi pemasaran yang efektif. Strategi pemasaran dapat berupa pengembangan merek, promosi, penetapan harga, dan distribusi produk.
- Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Tugas seorang marketer adalah harus dapat berkomunikasi dengan konsumen, mitra bisnis, dan staf perusahaan dengan baik.
- Seorang marketer harus dapat bekerja sama dengan tim pemasaran dan tim lain di perusahaan. Hal ini meliputi kemampuan bekerja dalam lingkungan yang dinamis dan adanya kemampuan untuk menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.
- Dapat mengembangkan kemampuan dan pengetahuannya. Pasar terus berubah dan perkembangan teknologi semakin pesat, sehingga seorang marketer harus selalu mengikuti tren pasar terbaru dan beradaptasi dengan perubahan.
- Tugas lain pemasar adalah evaluasi kampanye hasil akhir, fungsinya agar demo dapat berjalan sesuai rencana dan jika ada kesalahan dalam prakteknya bisa diperbaiki segera.
- Membuat marketing plan atau perencanan, Agar bisnis terus berjalan diperlukan rencana jangka panjang maupun pendek, dengan hasil riset dan prediksi yang sudah dipertimbangkan seorang marketer harus selalu awas terhadap persaingan market sehingga dapat mengatasi efek saat perencanaan berlangsung.
Baca Juga: Apa Itu Tunjangan? Sejahterakan Bisnis Dan Karyawan Anda
Kekurangan Serta Kelebihan Marketer
Sebagai marketer tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri, tetapi bukan berarti mempunyai kelemahan akan mengurangi kapabilitas kinerja ketika promosi. Berikut kami jelaskan baik kelebihan maupun kekurangan marketer.
Kelebihan
- kelebihan pertama seorang marketer adalah tidak perlu stok barang, disnilah perbedaan marketer dan reseller terlihat nyata. Jika reseller perlu untuk mengupdate/menyediakan stok barang maka seorang marketer tidak perlu melakukan hal itu semua.
- Tidak perlu modal, karena bertugas sebagai orang yang mengurusi bagian promosi, analisa, dan evaluasi pasar jadi marketer bebas dari tanggungan modal.
- Mendapat keuntungan, marketer juga termasuk sebagai karyawan maka dari itu mereka berhak mendapatkan gaji sesuai dengan ketetapan perusahaan.
- Tidak bertanggungjawab jika barang tidak laku, Pebisnis akan kebingungan jika barang yang di produksi kurang memenuhi target dari pemasukan semestinya, hal itu justru akan membawa kerugian bagi pihak-pihak terkait.
- Bisa bekerja dimana saja, kelebihan lain pemasar adalah bekerja dimana saja dan kapan saja. Secara teknis pekerjaan yang dilakukan oleh marketer adalah menganalisa dan merencanakan jadi mereka dapat bebas bekerja dimanapun.
- Tidak memberikan gaji karyawan, tanggungan gaji, bulanan sudah menjadi urusan pemilik produk.
Baca Juga: Marketing Agency Adalah Penting Bagi Pebisnis, Jangan Skip!
Kekurangan
- Hati-hati ketika memilih produsen, karena banyak produsen yang memanfaatkan marketer sebagai cara cepat menghasilkan keuntungan tetapi mereka tidak bertanggungjawab akhirnya hanya menipu marketer.
- Pilihlah produsen yang bisa memberi kepastian, dengan kata lain sebagai marketer sering terkecoh pada tawaran untuk menyusun strategi company yang menjanjikan hal besar padahal produsennya tidak mampu memberikan kepastian diakhir.
- Cari produsen yang menjamin gaji/pembayaran, marketer adalah istilah dalam bisnis bagi seseorang ataupun kelompok yang berfungsi untuk melakukan serangkaian rencana dan komunikasi terhadap suatu produk dari orang lain, disini perlu kejelian memilih produsen mana yang akan menjamin hak karyawannya terutama soal gaji.
Baca Juga: Sebutkan 5 Manfaat Kewirausahaan Untuk Tingkatkan Ekonomi
Kesimpulan
Peranan marketer sangat diperlukan pada berbagai jenis usaha, baik itu makanan, minuman, sandang, hingga jasa. Karena seorang marketer memiliki fungsi mengatur dan membuat perencanaan terhadap keberhasilan suatu jasa atau produk yang ditawarkan. Apalagi sekarang zamannya teknologi, digital marketer tentu akan sangat memudahkan tercapainya demo penjualan dengan melihat pasar global secara nyata.
Kamu juga dapat memanfaatkan digital marketer sebagai sarana penunjang bisnis, terlebih jika kamu adalah seorang pebisnis yang memiliki sejumlah karyawan. Dengan memaksimalkan sistem serba canggih seperti layanan HR yang disediakan oleh Sevenpion akan mempermudah memantau kinerja karyawan.
Seperti yang sudah di sebutkan diatas, salah satu kelebihan pemasar adalah mampu bekerja secara fleksibel bahkan tidak memerlukan kantor. Hal itu akan memberi keuntungan tersendiri bagi pebisnis karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan pada fasilitas kantor.
Sistem HR digunakan untuk memaksimalkan kinerja para karyawan kamu dan tentunya efesiensi seperti absen, penggajian, pemantauan dari jarak manapun dapat kamu lakukan. Segera konsultasikan kebutuhan HR Anda segera disini!
The post Marketer adalah: Kupas Tuntas Apa Itu Marketer! appeared first on Sevenpion.